Senin, 06 April 2015

SOAL TENTANG TEKNIK BLURRING

0

Soal !
1 . Pengertian teknik Bluring !
2 . Cara pengambilan gambar dengan kamera dengan menggunakan teknik Blurring !
3 . Cara mengedit photo dengan teknik Blurring dengan menggunakan photoshop !
4 . Contoh teknik Blurring !

* Jawab *
1 . Memotret gerak dengan kecepatan rana cukup lambat namun tidak dengan menggerakkan menggerakkan kamera. Tujuan dari teknik ini adalah menangkap momen bergerak sehingga yang bergerak menjadi blur tetapi latar belakang atau ada obyek yang tidak sepenuhnya blur.
2 . -  Nilai aperture menunjukkan seberapa banyak cahaya dapat melewati.Karena itu dinyatakan sebagai f/2.8, f/16, dll, aperture juga disebut “F angka.” F / 1 mewakili nilai bukaan maksimum. Ketika bukaan menjadi setengahnya, hal itu disebutF/2, Ketika seperempat dari ukuran bukaan penuh, itu adalah F / 4. Hal ini akan berpengaruh pada ruang tajam (dept of field) pada foto yang kita ambil. DOF secara sederhana dapat diartikan sebagai ruang ketajaman atau ukuran seberapa jauh bidang fokus dalam foto. Dalam istilah fotografi, dikenal dua jenis DOF, DOF lebar dan DOF sempit.
1. DOF Lebar, berarti sebagian besar obyek foto, baik obyek foto terdekat dari kamera sampai obyek terjauh akan fokus/tajam.
2. DOF Sempit, berarti titik fokus/tajam hanya akan ada pada bagian obyek tertentu, sedangkan sisanya blur/tidak fokus.
- APERTURE Aperture adalah ukuran seberapa besar lensa terbuka (bukaan lensa) saat kita mengambil foto. Jadi, saat kita menekan shutter lubang di depan sensor kamera akan terbuka, settingan aperture inilah yang mengatur besar kecil bukaan tersebut.
1. Semakin kecil angka ” f ” (f 1.8, f2, dsb) berarti semakin besar lubang diafragmanya dan semakin banyak volume cahaya yang masuk, lalu DOF akan semakin sempit
2. Semakin besar angka “f” (f 8, f 22, dsb) berarti semakin kecil lubang diafragmanya, semakin sedikit volume cahaya yang masuk, lalu DOF akan semakin lebar.

3 . 1. Siapkan photo yang ada latar pemandangan (bebas)
nida Membuat latar photo menjadi blur dengan photoshop
[sociallocker id="2985"]
2. Jadikan Auto Color dengan menekan Shift+Ctrl+B (supaya menyesuiakan warna dan cahayanya) , dan tambahkan curves dengan menakan Ctrl+M, naikan diagramnya ke arah putih. maka photo akan terlihat cerah.
nida2 Membuat latar photo menjadi blur dengan photoshop
3. Duplikat layer dengan menekan Ctrl+J
nida3 Membuat latar photo menjadi blur dengan photoshop
4. Pada Layer duplikat (Layer 1) tambahkan efek blur, Filter -> Blur -> Gaussian blur, atur besar radiusnya, semakin tinggi semakin nge blur.
nida4 Membuat latar photo menjadi blur dengan photoshop
nida5 Membuat latar photo menjadi blur dengan photoshop
5. Masih di layer duplikat (layer 1) tambahkan Add Layer Mask, atur warnanya dengan hitam.
nida6 Membuat latar photo menjadi blur dengan photoshop
6. lanjutkan dengan memilih Brush Tool, bagi yang tidak tahu klik cara menggunakan Brush Tool , Gosokan brush pada Layer Mask di daerah objek (orang), trik ini bertujuan untuk mengahpus objek yang tadi d blur, karena yang kita inginkan ngeblur adalah Latar.
nida7 Membuat latar photo menjadi blur dengan photoshop
Hasil penghapusan seperti ini,


0 komentar:

Posting Komentar