Animasi Tradisional adalah tkhnik animasi
yang paling umum dikenal sampai saat ini. Animasi tradisional juga dikenali
sebagai animasi cel atau animasi yang dihasilkan dengan tangan iaitu setiap
proses melibatkan tangan.Animasi tradisional merupakan proses yang
digunakan untuk filem-filem animasi yang paling lama iaitu pada abad
ke-20.Bingkai individu filem animasi tradisional adalah gambar-gambar lukisan,
yang mula-mula dilukis di atas kertas. Untuk mencipta ilusi pergerakan,
setiap lukisan berbeza sedikit daripada yang sebelumnya. Lukisan yang
animator dikesan atau salinan ke helaian telus yang dipanggil cels, yang
dipenuhi dengan cat dengan warna-warna yang diberikan atau nada di sebelah yang
bertentangan dengan lukisan garisan. Cels ciri-ciri yang lengkap gambar
satu demi satu ke filem filem terhadap latar belakang dicat oleh kamera.
Proses animasi cel tradisional
menjadi usang pada awal abad ke-21. Hari ini, lukisan animasi dan latar
belakang sama ada diimbas ke dalam atau dikeluarkan terus ke dalam sistem
komputer. Pelbagai program perisian yang digunakan untuk warna lukisan dan
simulasi pergerakan kamera dan kesan. Sekeping akhir animasi keluaran
kepada salah satu daripada beberapa media penyampaian, termasuk filem mm
tradisional 35 dan media seperti video digital yang baru. "Melihat"
animasi cel tradisional masih dikekalkan, dan kerja-kerja animator watak 'kekal
pada dasarnya sama sejak 70 tahun yang lalu. Sesetengah pengeluar animasi
telah menggunakan istilah "tradigital" untuk menggambarkan animasi
cel yang menggunakan teknologi komputer yang banyak.
Latar
belakang
Animasi telah dibuat pada tahun 1919 pertamakalinya di negara
Amerika. Teknik pembuatan animasi pada jaman dahulu tidak menggunakan komputer.
Teknik animasi nya adalah seorang animator menciptakan suatu rangkaian bagian
kasar yang akan difilmkan dalam gambar-gambar menggunakan pinsel perframenya.
Kemudian gambar dipindahkan pada lembar seprai seluloid, dengan asam cuka sel.
Setelah terbentuk gambar yang tebal gambar diperhalus dengan tinta
acetante-adhenting tinta yang digunakan pada jaman itu.Setelah gambar desain
sempurna, seorang pelukis memberikan warna dengan cat vinil. Untuk proses
animasinya, gambar-gambar tersebut dishooting secara cepat oleh kamera sesuai
dengan kecepatan framenya/detiknya.contoh animasi klasik Mickey mouse karya
Walt Disney
Contoh
Animasi Tradisiona
Yang menjadi contoh Animasi Tradisional
seperti animasi pada film Pinocchio (Amerika
Serikat,
pada tahun1940), Animal Farm (United Kingdom, 1954), dan Akira (Jepun,
1988). Film-film animasi tradisional yang dihasilkan dengan bantuan
teknologi komputer termasuk didalamnya animasi The Lion King (US, 1994) Sen to
Chihiro no Kamikakushi (Spirited Away) (Jepun, 2001), dan Les Triplettes de
Belleville (2003).
Film animasi sepenuhnya boleh dilakukan dalam berbagai gaya,
dari kerja-kerja animasi yang lebih realistik seperti yang dihasilkan oleh
studio Walt Disney (Beauty dan Beast, Aladdin, Lion King) kepada gaya yang
lebih 'cartoony' orang-orang yang dihasilkan oleh Warner Bros animasi
studio.
Tipe Animasi Tradisional
1.
Tipe animasi tradisional
Cel
animation
-
Berdasarkan pada perubahan yang terjadi dari satu frame ke frame berikutnya
-
Digambar pada celluloid sheets (sehingga dinamakan Cel animation)
yang sekarang
-
Bina Nusantara digantikan oleh layer-layer digital
-
Path animation
-
Menggerakkan obyek di layar di sepanjang jalur yang telah ditentukan
Jenis- jenis Animasi Tradisional
1.
Jenis – jenis animasi tradisional
a.
Zoetrope (180 AD; 1834)
Zoetrope adalah perangkat yang
menciptakan citra gambar bergerak. Awal [rujukan?] Zoetrope dasar diciptakan di
China sekitar 180 Masehi oleh penemu Ting Huan produktif (丁
缓). Terbuat dari kertas tembus atau
panel mika, Huan tergantung perangkat di atas lampu. Udara berubah naik
baling-baling di bagian atas dari yang tergantung gambar dilukis di panel akan
muncul untuk bergerak jika perangkat berputar pada kecepatan yang tepat [5] [6]
[7] [8].
Para zoetrope modern diproduksi pada
tahun 1834 oleh William George Horner. Perangkat dasarnya adalah sebuah
silinder dengan celah vertikal di sekitar sisi. Sekitar tepi bagian dalam dari
silinder ada serangkaian gambar di sisi berlawanan dengan celah. Sebagai
silinder diputar, pengguna kemudian terlihat melalui celah untuk melihat ilusi
gerak. Zoetrope ini masih digunakan dalam program animasi untuk menggambarkan
konsep awal animasi.
b.
Lentera ajaib
Lentera ajaib adalah pendahulu dari
proyektor modern. Ini terdiri dari lukisan minyak tembus dan lampu sederhana.
Bila disatukan dalam sebuah ruangan gelap, gambar akan muncul lebih besar pada
permukaan yang datar. Athanasius Kircher berbicara tentang hal ini berasal dari
Cina pada abad ke-16 [rujukan?]. Beberapa slide untuk lentera berisi bagian-bagian
yang bisa digerakkan secara mekanis untuk menyajikan gerakan terbatas di layar.
c.
Thaumatrope (1824)
Thaumatrope Sebuah mainan sederhana
yang digunakan di era Victoria. Thaumatrope adalah disk lingkaran kecil atau
kartu dengan dua gambar yang berbeda di setiap sisi yang melekat pada seutas
tali atau sepasang string berjalan melalui pusat. Ketika string adalah
memutar-mutar cepat antara jari, dua gambar muncul untuk bergabung menjadi satu
gambar. Thaumatrope ini menunjukkan fenomena Phi, kemampuan otak untuk terus
merasakan gambar. Penemuan adalah dikreditkan beragam [rujukan?] Charles
Babbage, Peter Roget, atau John Ayrton Paris, tetapi Paris diketahui telah
digunakan untuk menggambarkan satu fenomena Phi pada 1824 ke Royal College of
Physicians.
d.
Phenakistoscope (1831)
Sebuah disk phenakistoscope oleh
Eadweard Muybridge (1893). Phenakistoscope adalah perangkat animasi awal,
pendahulu dari zoetrope tersebut. Ini diciptakan pada tahun 1831 bersamaan
dengan Belgia dan Joseph Plateau Simon von Stampfer Austria.
e.
Sandal buku (1868)
Buku Flip pertama dipatenkan pada
1868 oleh John Barnes Linnet. Buku sandal itu lagi pembangunan yang membawa
kita lebih dekat dengan animasi modern. Seperti zoetrope, Kitab flip
menciptakan ilusi gerak. Satu set gambar berurutan membalik pada kecepatan
tinggi menciptakan efek ini. Para Mutoscope (1894) pada dasarnya adalah sebuah
buku sandal dalam sebuah kotak dengan pegangan engkol untuk membalik halaman.
f.
Praxinoscope (1877)
Para praxinoscope, ditemukan oleh
ilmuwan Perancis Charles – Émile Reynaud, merupakan versi lebih canggih dari
zoetrope tersebut. Ini digunakan mekanisme dasar yang sama strip gambar
ditempatkan pada bagian dalam silinder berputar, tapi bukannya melihat melalui
celah, itu dilihat dalam serangkaian kecil, cermin stasioner di sekitar bagian
dalam silinder, sehingga animasi akan tinggal di tempat, dan memberikan gambar
lebih jelas dan kualitas yang lebih baik. Reynaud juga mengembangkan versi yang
lebih besar dari praxinoscope yang dapat diproyeksikan ke sebuah layar, yang
disebut Optique Théâtre.
Cara Kerja Animasi Tradisional
Cel
animasi mengacu kembali ke cara Tradisional animasi dalam satu set
gambar tangan. Dalam proses animasi, gambar banyak diciptakan yang sedikit
berbeda tetapi progresif di alam, untuk menggambarkan tindakan-tindakan
tertentu. Telusuri gambar pada lembar yang jelas. Lembar jelas adalah dikenal
sebagai cel dan merupakan media untuk menggambar frame. Sekarang menggambar
garis besar untuk foto-foto dan pewarnaan mereka pada kembali dari cel
tersebut. Cel merupakan metode yang efektif yang membantu untuk menghemat
banyak waktu dengan menggabungkan karakter dan latar belakang. Ini juga
memungkinkan untuk menempatkan gambar-gambar sebelumnya di atas latar belakang
lain atau cels setiap saat diperlukan. Di sini, Anda tidak perlu
menggambar gambar yang identik lagi karena memiliki kemampuan menyimpan animasi
sebelumnya yang dapat dimanfaatkan bila diperlukan.
Mewarnai
latar belakang mungkin tugas yang lebih sulit daripada satu gambar, karena
mencakup seluruh gambar. Latar Belakang membutuhkan shading dan pencahayaan dan
dapat dilihat untuk durasi yang lebih lama. Kemudian gunakan kamera digital
Anda untuk memotret gambar-gambar ini. Sekarang, animasi cel dibuat ekstra
menarik melalui penggunaan gambar-gambar bersama dengan musik, efek suara
dan pencocokan asosiasi waktu untuk setiap efek. Misalnya Untuk menunjukkan ini
kartun, 10-12 frame yang dimainkan dalam suksesi cepat per detik untuk
menawarkan ilustrasi gerak dalam sebuah animasi cel.
0 komentar:
Posting Komentar